Pages

Selasa, 10 Juni 2014

Tahallul

Tahallul adalah perbuatan yang menandai keluar dari keadaan ihrom ke keadaan halal dengan cara:

  • Bagi orang laki-laki dengan memotong rambut kepala, atau bercukur. Kalau bercukur, dimulai dari separoh kepala bagian kanan, kemudian separoh bagian kiri.
  • Bagi wanita hanya dengan memotong rambut kepala.

Dengan tahallul itu orang yang tadinya berihrom diperkenankan mengerjakan hal-hal yang terlarang karena ihrom. Dan dengan demikian selesailah orang tersebut melaksanakan umrohnya.


Keterangan mengenai mencukur dan memendekkan rambut tersebut antara lain dijelaskan dalam:

Firman Allah SWT:

لَقَدْ صَدَقَ اللَّهُ رَسُولَهُ الرُّؤْيَا بِالْحَقِّ لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ءَامِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ


"Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut". (Al Fath 27)

Hadits Rasulullah SAW:

عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال رحم الله المحلقين قالوا والمقصرين يا رسول الله قال رحم الله المحلقين قالوا والمقصرين يا رسول الله قال رحم الله المحلقين قالوا والمقصرين يا رسول الله قال والمقصرين - متفق عليه


Dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur". Para sahabat bertanya: "Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?" Beliau bersabda: "Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur". Para sahabat bertanya lagi: "Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?" Beliau bersabda: "Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur". Para sahabat bertanya: "Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?" Beliau bersabda:"Dan orang-orang yang memendekkan rambut". (Muttafaq 'alaih)


عن ابن عباس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ليس على النساء الحلق إنما على النساء التقصير - رواه أبو داود والدارقطنى والطبرانى


Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Tiada keharusan bercukur bagi perempuan. Perempuan hanya harus memotong (rambut kepala). (H.R. Abu Dawud, Daraquthni dan Thabrani)